MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN
MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF
Guru Fisika SMA Negeri 1 Keo Tengah
Kabupaten Nagekeo
Pendidikan meliputi
banyak ilmu pengetahuan termasuk di antaranya fisika. Besarnya peran fisika
dalam dunia pendidikan terutama dalam pengembangan teknologi telah menempatkan
fisika sebagai pelajaran strategis yang memegang peranan penting serta perlu
diajarkan di sekolah. Brotosiswojo (2003:63) memberikan tiga alasan mengapa fisika
perlu diajarkan; Pertama, karena ilmu
fisika dipandang sebagai kumpulan pengetahuan tentang gejala dan perilaku alam
yang dapat digunakan untuk membantu pengembangan bidang-bidang profesi
kedokteran, pertanian, rekayasa teknik dan sebagainya. Kedua, karena ilmu fisika dipandang sebagai suatu disiplin kerja
yang dapat menghasilkan sejumlah kemahiran generic untuk bekal bekerja di
berbagai profesi yang lebih luas. Ketiga,
ilmu fisika ditujukan bagi mereka yang menyenangi kegiatan menggali informasi
baru yang dapat ditambahkan kepada ilmu fisika yang sudah ada.
Namun saat ini
kemampuan dan minat siswa dalam mempelajarai fisika masih sangat rendah hal ini
disebabkan saya selaku guru fisika kelas X di SMA Negeri 1 Keo Tengah masih
menggunakan sistem ceramah untuk
menjelaskan sebagian besar materi pembelajaran fisika. Hal tersebut mengakibatkan
saya tidak dapat memberikan penjelasan konsep pembelajaran secara maksimal
selain itu proses pembelajaran menjadi terhambat pada saat saya meninggalkan
kelas karena proses pembelajaran bergantung pada guru, siswa menjadi bosan,
jenuh dan tidak termotivasi untuk mempelajari konsep fisika sehingga proses
pembelajaran menjadi tidak efektif dan minat belajar fisika siswa menjadi
rendah.
Bertolak dari kenyataan
itu, hendaknya proses pembelajaran yang dilakukan lebih ditekankan pada
penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kemajuan teknologi, sehingga
dapat menarik perhatian siswa serta membantu siswa untuk lebih mudah memahami
konsep alam yang dipelajari. Menurut Widada (2010:29), salah satu media
pembelajaran yang menarik perhatian bagi siswa di era teknologi informasi ini
adalah berbasis multimedia. Media pembelajaran berbasis multimedia ini
menyajikan tampilan multidimensional yang memungkinkan siswa dapat mengerjakan,
mendengarkan dan melihat dalam waktu bersamaan sehingga proses pembelajaran
lebih bersifat interaktif. Multimedia interaktif juga merupakan media
pembelajaran yang di dalamnya terdapat seluruh elemen multimedia yaitu meliputi
teks, gambar, suara, animasi dan video disatukan dan disajikan secara
interaktif sehingga siswa diberi kebebasan atau kemampuan untuk mengontrol dan
berinteraksi dengan media tersebut. Dengan adanya media pembelajaran multimedia
interaktif tersebut juga dapat memaksimalkan waktu belajar siswa, dengan
ketidakhadiran guru di dalam kelas bukan lagi menjadi alasan untuk menghambat
proses pembelajaran sebab siswa dapat belajar mandiri, interaktif dan lebih
menyenangkan dengan menggunakan media tersebut. Multimedia interaktif yang saya
tawarkan untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat
belajar fisika adalah berupa kolaborasi piranti lunak yaitu program macromedia flash dan adobe photoshop. Media pembelajaran
multimedia interaktif ini memiliki tiga sub menu utama yaitu sub menu “materi
pokok pembelajaran”, sub menu “latihan soal dan pembahasan” serta sub menu
“kembali”.
Media pembelajaran ini
dapat saya terapkan secara baik di SMA Negeri 1 Keo Tengah, sekolah tempat saya
bertugas yang terletak di Desa Bengga, Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo,
sebab fasilitas utama pendukung makasimalnya penggunaan media ini yaitu listrik
sudah menjangkau daerah tempat tugas saya hingga di sekolah. Sarana pendukung lainnya
pun tersedia di sekolah misalnya, LCD, speaker
dan computer. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran
multimedia interaktif ini dijalankan di Laboratorium Komputer sebab instalasi
listrik ke setiap kelas di sekolah saya belum diatur dengan baik sehingga
sumber arus di kelas tidak dapat digunakan.
Agar dapat menerapkan
media pembelajaran multimedia interaktif tersebut secara efektif dan efisien dalam
proses pembelajaran fisika maka langkah-langkah yang perlu saya lakukan adalah;
Pertma, saya perlu menyiapkan sarana
pendukung kelengkapan media pembelajaran multimedia interaktif berupa LCD,
pengeras suara dan computer. Kedua, memasukan
aplikasi media pembelajaran
multimedia interaktif ke dalam laptop atau computer yang telah disediakan. Ketiga, saya harus menjelaskan dengan benar dan terperinci cara
menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif kepada siswa agar siswa
mampu menjalankan media tersebut secara mandiri nantinya. Keempat, menentukan beberapa orang siswa yang mahir menjalankan
computer atau laptop sebagai operator secara bergantian di setiap proses
pembelajaran fisika agar pembelajaran tetap berlangsung efektif jika guru tidak
berkesempatan masuk kelas. Kelima, saya
perlu membimbing siswa untuk menjalankan media pembelajaran multimedia
interaktif dalam proses pembelajaran fisika agar fungsi control dalam proses
pembelajarn dapat berjalan dengan baik pula. Keenam, bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran materi
fisika pada setiap akhir proses pembelajaran kemudian memberikan tugas rumah
untuk mengevaluasi kemampuan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari.
Dengan menerapkan
multimedia interaktif sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran
fisika sesuai dengan tahapan kegiatan yang tepat maka bukan tidak mungkin minat
belajar fisika siswa dapat ditingkatkan, dengan demikian siswa yang tadinya
bosan, jenuh atau takut untuk mempelajari fisika dapat merasa lebih senang dan
tertarik untuk mempelajari fisika karena media pembelajaran multimedia
intaraktif yang lengkap dengan perpaduan animasi gambar, suara, teks dan
gerakan tersebut mejadi daya tarik tersendiri bagi siswa di tengah perkembangan
teknologi yang semakin pesat di zaman ini.







good job sista
BalasHapusSemoga infrastruktur teknologi di SMA setempat bisa mendukung.
BalasHapus