Kamis, 15 November 2018

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF

Theresia Advenia Nurak, S.Pd
Guru Fisika SMA Negeri 1 Keo Tengah

Kabupaten Nagekeo

Pendidikan meliputi banyak ilmu pengetahuan termasuk di antaranya fisika. Besarnya peran fisika dalam dunia pendidikan terutama dalam pengembangan teknologi telah menempatkan fisika sebagai pelajaran strategis yang memegang peranan penting serta perlu diajarkan di sekolah. Brotosiswojo (2003:63) memberikan tiga alasan mengapa fisika perlu diajarkan; Pertama, karena ilmu fisika dipandang sebagai kumpulan pengetahuan tentang gejala dan perilaku alam yang dapat digunakan untuk membantu pengembangan bidang-bidang profesi kedokteran, pertanian, rekayasa teknik dan sebagainya. Kedua, karena ilmu fisika dipandang sebagai suatu disiplin kerja yang dapat menghasilkan sejumlah kemahiran generic untuk bekal bekerja di berbagai profesi yang lebih luas. Ketiga, ilmu fisika ditujukan bagi mereka yang menyenangi kegiatan menggali informasi baru yang dapat ditambahkan kepada ilmu fisika yang sudah ada.
Namun saat ini kemampuan dan minat siswa dalam mempelajarai fisika masih sangat rendah hal ini disebabkan saya selaku guru fisika kelas X di SMA Negeri 1 Keo Tengah masih menggunakan sistem ceramah  untuk menjelaskan sebagian besar materi pembelajaran fisika. Hal tersebut mengakibatkan saya tidak dapat memberikan penjelasan konsep pembelajaran secara maksimal selain itu proses pembelajaran menjadi terhambat pada saat saya meninggalkan kelas karena proses pembelajaran bergantung pada guru, siswa menjadi bosan, jenuh dan tidak termotivasi untuk mempelajari konsep fisika sehingga proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan minat belajar fisika siswa menjadi rendah.
Bertolak dari kenyataan itu, hendaknya proses pembelajaran yang dilakukan lebih ditekankan pada penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kemajuan teknologi, sehingga dapat menarik perhatian siswa serta membantu siswa untuk lebih mudah memahami konsep alam yang dipelajari. Menurut Widada (2010:29), salah satu media pembelajaran yang menarik perhatian bagi siswa di era teknologi informasi ini adalah berbasis multimedia. Media pembelajaran berbasis multimedia ini menyajikan tampilan multidimensional yang memungkinkan siswa dapat mengerjakan, mendengarkan dan melihat dalam waktu bersamaan sehingga proses pembelajaran lebih bersifat interaktif. Multimedia interaktif juga merupakan media pembelajaran yang di dalamnya terdapat seluruh elemen multimedia yaitu meliputi teks, gambar, suara, animasi dan video disatukan dan disajikan secara interaktif sehingga siswa diberi kebebasan atau kemampuan untuk mengontrol dan berinteraksi dengan media tersebut. Dengan adanya media pembelajaran multimedia interaktif tersebut juga dapat memaksimalkan waktu belajar siswa, dengan ketidakhadiran guru di dalam kelas bukan lagi menjadi alasan untuk menghambat proses pembelajaran sebab siswa dapat belajar mandiri, interaktif dan lebih menyenangkan dengan menggunakan media tersebut. Multimedia interaktif yang saya tawarkan untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar fisika adalah berupa kolaborasi piranti lunak yaitu program macromedia flash dan adobe photoshop. Media pembelajaran multimedia interaktif ini memiliki tiga sub menu utama yaitu sub menu “materi pokok pembelajaran”, sub menu “latihan soal dan pembahasan” serta sub menu “kembali”.
Media pembelajaran ini dapat saya terapkan secara baik di SMA Negeri 1 Keo Tengah, sekolah tempat saya bertugas yang terletak di Desa Bengga, Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo, sebab fasilitas utama pendukung makasimalnya penggunaan media ini yaitu listrik sudah menjangkau daerah tempat tugas saya  hingga di sekolah. Sarana pendukung lainnya pun tersedia di sekolah misalnya, LCD, speaker dan computer. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif ini dijalankan di Laboratorium Komputer sebab instalasi listrik ke setiap kelas di sekolah saya belum diatur dengan baik sehingga sumber arus di kelas tidak dapat digunakan.
Agar dapat menerapkan media pembelajaran multimedia interaktif tersebut secara efektif dan efisien dalam proses pembelajaran fisika maka langkah-langkah yang perlu saya lakukan adalah; Pertma, saya perlu menyiapkan sarana pendukung kelengkapan media pembelajaran multimedia interaktif berupa LCD, pengeras suara dan computer. Kedua, memasukan aplikasi media pembelajaran multimedia interaktif ke dalam laptop atau computer yang telah disediakan. Ketiga, saya harus  menjelaskan dengan benar dan terperinci cara menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif kepada siswa agar siswa mampu menjalankan media tersebut secara mandiri nantinya. Keempat, menentukan beberapa orang siswa yang mahir menjalankan computer atau laptop sebagai operator secara bergantian di setiap proses pembelajaran fisika agar pembelajaran tetap berlangsung efektif jika guru tidak berkesempatan masuk kelas. Kelima, saya perlu membimbing siswa untuk menjalankan media pembelajaran multimedia interaktif dalam proses pembelajaran fisika agar fungsi control dalam proses pembelajarn dapat berjalan dengan baik pula. Keenam, bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran materi fisika pada setiap akhir proses pembelajaran kemudian memberikan tugas rumah untuk mengevaluasi kemampuan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari.
Dengan menerapkan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran fisika sesuai dengan tahapan kegiatan yang tepat maka bukan tidak mungkin minat belajar fisika siswa dapat ditingkatkan, dengan demikian siswa yang tadinya bosan, jenuh atau takut untuk mempelajari fisika dapat merasa lebih senang dan tertarik untuk mempelajari fisika karena media pembelajaran multimedia intaraktif yang lengkap dengan perpaduan animasi gambar, suara, teks dan gerakan tersebut mejadi daya tarik tersendiri bagi siswa di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat di zaman ini.  

2 komentar: